Wednesday, July 8, 2015

Tips Perawatan Burung Lovebird Untuk Perawatan Harian dan Setting Lomba - Hallo Sobat Berkicau Mania, Artikel yang sobat baca berjudul Tips Perawatan Burung Lovebird Untuk Perawatan Harian dan Setting Lomba, Artikel Berikut Berisi Tentang Artikel Seputar Hoby, Artikel Tips Dan Triks, Selamat Membaca.

Judul : Tips Perawatan Burung Lovebird Untuk Perawatan Harian dan Setting Lomba
link : Tips Perawatan Burung Lovebird Untuk Perawatan Harian dan Setting Lomba

Read More


Tips Perawatan Burung Lovebird Untuk Perawatan Harian dan Setting Lomba

Burung Lovebird adalah Burung koloni yg berpasang-pasangan,sesuai dengan namanya mereka burung yg setia,tp bukan Setiap tikungan ada lho ya.

Burung tersebut masuk dalam kategori burung paruh bengkok,makanannya berupa Biji-bijian,Buah dan sayuran. Tetapi dengan perkembangan dunia kicau mania saat ini yg mulai merambah ke lovebird sebagai burung lomba,tentunya para kicau mania mulai mengotak-atik si burung lovebird amunisi mereka anggar mau tampil memukai ngekek panjang,aktif dan suaranya kasar. wlpn ada jg yg menggunakan variasi kicau burung lain,tetapi tetap saja suara ngekek panjang lah yg menjadi prioritas para kicau mania khusunya pecinta Lovebird.

Adapun kendala yg dialami para kicau mania lovebird adalah setelan pas birahi burung tersebut saat digantangan,karena setelan yg pas akan membuat si burung tampil maksimal.dan kebanyakan para kicau mania lebih memilih lovebird betina untuk amunisi lomba,mungkin dengan alasan karena lovebird betina lebih stabil birahinya dibandingkan pejantan.
Lovebird PastelBiru


Berikut adalah perawatan burung lovebird untuk harian :

  1. Burung diangin-anginkan pada pagi hari dari jam 06.00 - 07.30 tentunya agar burung fresh menghirup udara segar,karena akan mempengaruhi nafas burung saat ngekek panjang dan udara pagi membuat burung sehat.
  2. Setelah dirasa matahari mulai hangat menyinari..sekitar pukul 07.30 mandikan burung lovebird dengan cara disemprot sprayer yg paling halus atau menggunakan cepuk mandi mengikuti kebiasaan burung saja, Lalu jemur sampai kering atau antara 30menit - 60menit.(Apabila kondisi Burung sedang birahi penjemuran tidak perlu terlalu lama 30menit saja cukup)
  3. Setelah itu angin-angin kan burung berikan pakan berupa milet putih polos bisa juga diberikan Extra Fooding( EF ) sebagai variasi pakan dan jangan lupa diberi minum ya
  4. Biarkan burung sekitar 30 - 60 menit,lalu kerodong masteri burung dengan burung lain sebagai isian. ( Contoh burung untuk pemasteran : Kenari, Cucak Jenggot, Cililin, Lovebird Ngekek Panjang).
  5. Sekitar pukul 15.00 buka krodong angin-anginkan burung lovebird mandikan dan jemur tapi tidak usah terlalu lama,karena sinar matahari sore tidak terlalu bagus.
  6. Lalu angin-anginkan burung 30-60menit lalu dikerodong full lagi jangan lupa cek pakan dan minumnya juga.
  7. Dengarkan suara burung master lagi,biarkan sampai pagi dan dan ulang kembali perawatan seperti diatas.


Selanjutnya kita akan membahas setting burung lovebird untuk lomba. Tentunya sebelum kita mulai alangkah baiknya untuk burung lomba kita harus memilih bahan yg baik,bisa dilihat dari katuranggan burung atau dari trah keturunan induknya.

Kalo pun kita membeli dipasar dan mendapatkan bahan yg baik dari ombyokan itu berarti rejeki anda. Walaupun dari segi trah Keturunan pun tidak menjamin bahwa lovebird itu akan mempunya mental tempur yg baik walaupun burung tersebut mempunya suara ngekek panjang.Tapi paling tidak kita sudah berusaha mencari bahan yg baik..hehehehe..
Lovebird Hijau Paruh Merah

















Burung lovebird yg bagus untuk dilombakan berusia 6bln keatas disarankan berjenis kelamin betina,walaupun tidak kita pungkiri ada lovebird yg berusia muda 3bulanan sudah menjadi  Burung yg berprestasi.
  1. Berikut adalah Setting Burung Lovebird Untuk Lomba :Keluarkan burung antara jam 05.00 - 07.30 agar burung terkena udara pagi yg masih sejuk dan fresh.
  2. Mandikan burung dengan cara disemprot sprayer yg paling halus atau menggunakan cepuk mandi mengikuti kebiasaan Si Burungnya aja, lalu jemur burung. (Lama penjemuran disesuaikan dengan kondisi burung apakah sedang birahi atau tidak).
  3. Setelah itu burung diangin-anginkan dan Cukup Berikan pakan milet putih polos,karena milet hanya bersifat mengenyangkan sehingga tidak membuat birahi burung menumpuk sebelum lomba atau overbirahi dan jangan lupa diberi minum ya.
  4. Setelah itu krodong burung di dengarkan suara burung masteran
  5. Sekitar pukul 15.00 keluarkann burung, Angin-anginkan 15 menit lalu mandikan.
  6. Lalu angin-anginkan 15menit lalu full krodong smp pagi sambil didengarkan suara burung masteran lagi
  7. Lakukan berulang setiap hari.
  8. ketika akan dilombakan misal hari minggu,maka H-3 burung harus sudah dipantau bagaimana kondisinya,apabila stabil burung bisa dimandikan seperti perawatan diatas dan diberikan EF.(Extra Fooding) sesuai yg disukai burung saja. setelah itu dikrodong kembali.
  9. H-2 pagi burung dimandikan seperti cara diatas,dan tidak usah diberikan EF tetapi kita ganti pakanya yg semula milet polos bisa kita berikan pakan campur,yg sekarang ini sudah banyak dijual bebas di kios-kios pakan burung.
  10. Krodong burung smp hari minggu pagi,maka untuk jumlah pakan dan minum kita sesuaikan agar cukup smp minggu pagi
  11. Tidak usah dibuka-buka krodong burung,biarkan istirahat dan jauhkan dari suara burung sejenis,Hal tersebut akan membuat mental burung dan kondisinya menjadi baik.
  12. Minggu pagi buka krodong burung,kita angin-anginkan lalu kita mandikan,jemur burung smp kering dan jangan lupa berikan pakan dan minum.
  13. Angin-Anginkan kembali burung setelah penjemuran dan kemudian dikrodong kembali smp Nanti burung akan dilombakan.

Demikian yg dapat penulis uraikan seputaran perawatan burung lovebird untuk harian dan lomba, Tiada Gading yg tak retak.Mohon maaf apabila ada salah-salah kata,Semoga menjadi inspirasi para pembaca dan menjadi jembatan ilmu untuk kita semua.
Terima Kasih.


Salam Berkicau Mania dari Pojok Jagad


Itu tadi adalah Tips Perawatan Burung Lovebird Untuk Perawatan Harian dan Setting Lomba
Sekian Sedikit Informasi yang bisa kami sampaikan kepada sobat Berkicau Mania kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

0 comments:

Post a Comment